Cara Screenshot Laptop hp Windows 11

Masih bersama rudihartopw. Kebetulan laptop saya merk HP dan menggunakan Sistem Operasi Windows 11, sehingga saya membuat artikel ini sebagai dokumentasi sendiri maupun untuk temen-temen yang kebetulan belum mengetahuinya.

Dalam pekerjaan saya, melakukan Screenshot atau Screen Capture dilakukan setiap hari. Karena pekerjaan saya sebagai customer support, dalam melayani klien saya sering mengirim panduan dan penjelasan dalam bentuk screenshot.

Sebelum melanjutkan cara screenshot, saya akan sedikit menulis apa itu Screenshot atau Screen Capture.

Pengertian Screenshot

Screenshot atau screen capture adalah tindakan untuk mengambil tampilan yang ada dilayar, baik dikomputer, laptop, maupun handphone. Bahasa Indonesianya "Tangkapan Layar".

Sebenarnya ada banyak cara melakukan screenshot dilaptop, tetapi saya hanya akan mengulas satu cara yang menurut saya paling cepat.

Cara Install

  1. Download aplikasi Lightshot 


    cara screenshot dilaptop merk hp
    Download Lightshot, aplikasi screenshot paling oke

  2. Install aplikasi Lightshot. Aplikasi ini support Windows, Mac OS, Ubuntu, dan addon Google Chrome


    cara install lightshot untuk melakukan screenshot
    Double click untuk melanjutkan instalasi

  3. Tekan key prt sc dikeyboard laptop

    Cara Screenshot Laptop hp Windows 11
    Select area yang akan discreenshot

Dengan fitur ini, kita bisa memberikan tanda panah/garis, tulisan, dan warna didalam hasil screenshot. Hasil screenshot bisa kita simpan dilaptop, digenerate link, share langsung ke Twitter, Facebook dan Pinterest.

Selamat mencoba Cara screenshot di laptop merk HP :)



Post a Comment